Did You Know

Makna tersembunyi dari simbol-simbol yang sering kita jumpai


Sepanjang abad ke-20, lingkungan daerah perkotaan diambil alih oleh logo-logo perusahaan. Penelitian-penelitian melaporkan bahwa rata-rata setiap orang diunjukkan kepada kira-kira seribu logo setiap harinya. Namun hanya sedikit orang saja yang memikirkan mengenai arti simbol-simbol yang terdapat dalam alat pemasaran perusahaan-perushaan ini yang aslinya berasal dari okult. Tulisan ini menganalisa asal-usul esoterik dari beberapa logo perusahaan yang sudah terkenal.

Pembantaian logo (Logo overkill)
Pikirkanlah dimana sehari-hari Anda menemukan logo-logo perusahaan: mereka kita dapati di rumah-rumah, mobil, pakaian, iklan TV, billboard, lencana, dalam semua kegiatan olah raga dan bahkan di halaman ini (maaf). Logo merupakan salah satu hasil dari penelitian ekstensif (yang didanai oleh the Rockefeller’s “Chicago School”) dalam bidang ilmu-ilmu kognitif, neuropsychology dan biologi. Penelitian-penelitian tersebut yang dijadikan intinya adalah “pemasaran-marketing”, bidang penelitian yang dibiayai sangat mahal dimana hasilnya secara keseluruhan dirahasiakan agar tidak diketahui oleh masayarakat pada umumnya. Mengapa penemuan tersebut dirajasiakan?. Well, bilamana Anda tahu mengapa pemasaran menguntungkan Anda, Anda tidak akan membiarkan hal tersebut jatuh ke tangan orang lain.
Dengan kelihatannya logo-logo perusahaan dalam jumlah sangat besar hal ini juga merupakan kesempatan bagi para elit untuk memamerkan keyakinan dan kekuasaan mereka. Cara yang sama simbol-simbol okult dipasang pada gedung-gedung serta situs atau tempat tertentu (lihat misalnya bagian the Sinister Sites), simbol-simbol tersebut mereka pasang tersembunyi dari pandangan langsung dalam logo-logo perusahaan. Kita sekarang akan menyelidiki asal-usul serta arti simbol-simbol yang digunakan di dalam logo. Tulisan ini akan memusatkan perhatian kepada simbol the Winged Sun-disk – piringan Bersayap-Matahari, the Vesica Piscis serta matahri terbit. Tulisan lainnya akan membahas simbol-simbol yang berbeda.
Piringan Bersayap-Matahari (The Winged Sun-Disk)

Simbol kuno ini umumnya dihubungkan dengan Mesir, meskipun juga digunakan oleh bangsa Persia dan Asyiria termasuk oleh budaya-budaya yang berjauhan letaknya dengan wilayah tersebut, yaitu di Amerika Latin dan Australia. Simbol tersebut terdiri dari sebuah bulatan Matahari diapit oleh dua buah sayap. Secara tradisional bangsa Mesir menggambar dua ekor ular di atas sayapnya yang merepresentasikan dewa-dewa yang melindungi Upper dan Lower Egypt. Thomas Milton Stewart menjelaskan mengenai arti dari mitos tersebut:
“Horus, Sang Penebus bangsa Mesir, dilahirkan ke dunia oleh seorang perawan untuk menghancurkan musuh Dewa agung, Ra. Kemudian Horus merubah wujud dirinya menjadi Piringan Matahari-Bersayap, bersamanya Dewi Nekhebet dan Uatchit yang kemudian wujudnya berubah kedalam bentuk dua ekor ular. Setelah berhasil dalam peperangannya melawan musuh Ra, Horus memerintahkan kepada Thoth, Dewa Kebijakan Rahasia, bahwa Piringan Matahari-Bersayap dengan dua ekor ularnya harus di bawa ke semua tempat suci dewa bumi di Selatan dan Utara.”
Selanjutnya pengarang menjelaskan mengenai simbolisme:
“”Maksud simbolis yang terdapat dalam legenda di atas sudah sangat tua umurnya, simbol-simbol tersebut berasal dari periode paling awal. Piringan bersayap, yang dalam kata hieroglyphic berarti “to become-menjadi – to be – jadi – to create-menciptakan,” merupakan sebuah bagian dari barang-barang perhiasan simbolis setiap kuil, dipajang di atas setiap pintu gerbang dan pintu keluar-masuk, serta merupakan sebuah simbol paling awal mengenai ungkapan kehidupan setelah kematian yang sampai kepada kita dewasa ini”
-Thomas Milton Stewart, Symbolism of the Gods of the Egyptians and the Light They Throw on Freemasonry
Simbol tersebut merupakan sebuah gambaran kenaikan ruh kepada Ketuhanan, dengan bantuan ular-ular pengetahuan dan kebijakan.
“Dan arti daripada Piringan-Matahari Bersayap adalah, – Dia adalah merupakan simbol kesempurnaan Aspirasi terhadap Ketuhanan, Pensucian diri daripada alam yang berada di bawahnya, dan merupakan pendakian akhir untuk bersatu dengan Yang Satu.”
-G.A. Gaskell, Egyptian Scriptures Interpreted Through the Language of Symbolism Present in All Inspired Writings
Para mistikus orang Mesir menggunakan simbol matahari bersayap untuk ritus sihir dan doa:
“Unsur simbolis dari udara, ini terdiri dari sebuah lingkaran atau piringan tipe-matahari disertai dua buah sayap. Dalam ritus sihir ini menutupi alter arah ke timur serta dipergunakan saat memohon perlindungan dan kerjasama dengan para peri.”
-Hope, Murry, Practical Egyptian Magic
Matahari bersayap masih digunakan dewasa ini oleh beberapa kelompok seperti Freemason, Theosofi dan Rosicrucian.
“”Bola Dunia Bersayap dikenal sebagai sebuah simbol Rosicrucian, meskipun Illuminati mungkin biasa mengklaimnya, dan mungkin diakuinya bahwa Bola Dunia Bersayap berasal dari Mesir. Bola Dunia Bersayap merupakan simbol kesempurnaan jiwa yang membuatmya terbang kembali kepada sumber penciptaan di bawah medan Elysian.”
-Swinburne, Clymer, The Rosicrucians Their Teachings
Jadi simbol kuno yang merupakan mistik dan sihir merepresentasikan kesempurnaan jiwa telah bertahan selama mileniuman dan masih digunakan untuk tujuan yang sama dewasa ini. Di bawah ini Anda lihat simbol matahari-bersayap dipasang pada gedung-gedung Rosicrucian dan Masonik:

Pintu Masuk Taman Rosicrucian

The winged sun suspended over the Worshipful Master’s throne in the Egyptian room of a Masonic Temple Grand Lodge
Karena sayap berarti transportasi dari jiwa yang sempurna, simbol ini digunakan pada industri otomotif..

The winged sun but with an all-seeing eye instead of the sun

Bentley logo

Mini Cooper logo

Harley Davidson winged logo

Aston Martin logo

Stylized winged sun-disk used as Chevrolet logo

Southwest Airlines Logo
The Vesica Piscis

Simbol kuno ini tampilannya dibentuk oleh dua buah lingkaran yang bersambungan dan merupakan bagian dari geometri keramat. “Piscis” merujuk kepada fakta bahwa bagian tpada engahnya menyerupai seekor ikan (piscis). Arti mistiknya selalu diselimuti misteri namun umumnya sependapat bahwa simbol tersebut merepresentasikan prinsip wanita – yaitu “pukas Dewi”
“”Vesica Piscis, dua buah lingkaran yang bersambungan, juga dikenal sebagai “Yoni”. Nama “Yoni” menunjuk pada bagian tengah dari lingkaran yang bersambungan, berasal dari kata Sansekerta yang berarti, “jalan ketuhanan”. Yoni adalah feminin, Yoni harus dipandang sebagai jalan ketuhanan yang menjadi sebuah korelasi kepada seks, atau penyatuan laki-laki/perempuan. Inilah pertaliannya, dan hal itu berhubungan dengan kelahiran kembali serta regenerasi tetap yang merupakan sebuah kepercayaan dasar yang sangat inti dari pondasi struktural Okult.”
John Yarker, The Arcane Schools
Agama Kristen awal seringkali merepresentasikan Kristus di dalam sebuah Vesica Piscis, menggambarkan rahim seorang perawan.

Vesica piscis juga mempunyai arti penting dalam Freemasonry:
“Vesica” merupakan sebuah eksponen arsitektur universal atau Masonry, dan sumber asli atau sumber darimana tanda-tanda dan simbol-simbol berasal — terdapat rahasia besar dan berlangsung terus dari persaudaraan kuno kami.”
-George Oliver, Discrepancies of Masonry
Albert G. Mackey membicarakan penggunaan vesica dalam Masonry awal :
“”Sebagai sebuah simbol, Vesica seringkali dipakai sebagai sebuah dekorasi oleh Freemason pada Abad Pertengahan. Semua stempel perguruan tinggi-perguruan tinggi, biara-biara dan komunitas keagamaan lainnya, juga baju kependetaan seseorang, secara beragam menggunakan bentuk simbol ini. Karena itu mengenai karakter keagamaan dari Lembaga, diusulkan bahwa cap untuk Loji Masonik juga harus mempunyai bentuk seperti itu, daripada menggunakan bentuk bundar yang dipakai sekarang ini.”
Albert G. Mackey, Encyclopedia of Freemasonry
Kita dapat melihat penggunaan khas Vesica pada stempel Masonik:

Seal of Academia lodge #847
Mungkin karena Vesica asosiasinya dengan seksualitas, ia digunakan oleh perusahaan pakaian juga digunakan oleh merek lain

Chanel Logo

Gucci Logo

DC Shoes Logo

MasterCard Logo

Kool Logo
Matahari Terbit
Simbol matahari terbit dapat dihubungkan dengan penyembahan kepada matahari. Pada zaman Mesir kuno, diasosiasikan dengan Horus. Para okultis menganggapnya merepresentasikan zaman baru Aquarius dan kedatangan radiasi baru dari inti galaksi, yaitu the “Golden Dawn”. Matahari bersinar juga dihubungkan dengan konsep Promethean/Luciferian yang membawa api (ilmu pengetahuan) kepada manusia.
“Pengulangan model mitos tokoh-tokoh revolusioner- Marx muda, awal yang didominasi oleh idealisme, saat Lenin dari Rusia yang merupakan Prometheus, yang mencuri api dari para dewa untuk digunakan kepada manusia. Kepercayaan pengikut revolusioner Prometheus dalam banyak hal serupa, yang juga menyangkut keyakinan umum modern menganggap bahwa sains akan membimbing manusia ke luar dari kegelapan menuju cahaya. Akan tetapi di sana juga lebih banyak menunjuk kepada asumsi milenia bahwa, pada hari baru menyingsing, matahari tidak akan pernah terbenam. Selama awal pergolakan Revolusi Perancis lahir sebuah “mitos revolusi matahari” memberi kesan bahwa matahari terbit pada era baru yang mana kegelapan akan lenyap selama-lamanya. Gambaran ini menjadi tertanam ‘pada tingkat alam bawah sadar bahwa penafsiran secara serempak sesuatu yang nyata menghasilkan sebuah realitas baru.” -James H. Billington, Fire in the Minds of Men
Manly P. Hall menjelaskan mengenai arti matahari terbit dalam kaitannya dengan perkumpulan rahasia seperti Freemasonry.
“Penurunan langsung program esensiil Sekolah-sekolah Esoterik dipercayakan kepada kelompok yang sudah dikondisikan dengan baik untuk melaksanakannya. The Guilds, serikat buruh dan Perkumpulan-perkumpulan kebajikan yang bersifat melindungi yang secara internal diperkuat melalui pengenalan sebuah pengajaran baru. Kemajuan rencana memerlukan perluasan perbatasan dengan ketegasan filosofis. Sebuah Dunia Persaudaraan diperlukan yang didukung oleh sebuah program pendidikan yang mendalam dan luas menurut “metoda”. Sebuah Persaudaraan seperti itu tidak dapat dengan seketika menyertakan semua orang, namun persaudaraan dapat mempersatukan kegiatan-kegiatan jenis-jenis tertentu manusia, dengan mengabaikan kesukuan atau keyakinan agama atau bangsa dimana mereka bertempat tinggal. Mereka inilah merupakan manusia ‘berkualitas,’ merekalah anak-anak masa depan, yang simbolnya adalah … sebuah matahari terbit yang memncarkan cahaya di atas pegunungan timur.”
-Manly P. Hall, Masonic Orders of Fraternity
Dengan kata lain, matahari terbit menggambarkan inisiasi perkumpulan-perkumpulan rahasia. Simbol ini sebagai logo digunakan oleh sejumlah perushaan:

Di dalam kulit kerang (menggambarkan dewi Venus), matahari terbit

Sun low on the horizon in Days Inn logo

Ini bukan chip kentang, ini adalah matahari terbit

Yang paling berperan dalam membangkitkan kesadaran Anda … adalah sinbolisme okult pada cangkir Anda

Obama juga menggunakan simbol matahari yang memancarkan cahaya. Ia adalah seorang anggota tingkat ke-32 Prince Hall Mason, apakah Anda tidak tahu?
Kesimpulan
Tulisan pertama ini merupakan rangkaian artikel yang membahas mengenai simbol-simbol okult yang digunakan pada logo perusahaan. Saya tidak memulai dengan simbol yang paling jelas atau yang paling keji, akan tetapi banyak contoh-contoh bagus dari kedalaman simbolisme esoterik dalam kultur yang berkembang dalam masyarakat. Apakah maksud mereka dengan menyisipkan simbol-simbol okult ke dalam logo?. Hal itu tentu saja merupakan pertunjukkan kekuasaan angkuh yang dilakukan oleh para elit ataukah merupakan sebuah cara dalam rangka menyelenggarakan ritus Mystery Religions? Para ahli Esoterik menegaskan bahwa simbol-simbol tersebut pencapaian dampak sihirnya dalam terhadap rakyat:
“Sudah diketahui bahwa alam Bawah Sadar, apakah perorangan atau secara kolektif bekerja dengan pedoman gambar-gambar atau lukisan-lukisan, cara berbicara dalam menyampaikan pesan merupakan sebuah perkembangan baru yang komparatif. [...] Sihir – Magic [...] mengajak bicara kepada pikiran bawah sadar manusia melalui gambar-gambar kuno berupa simbol dan ritus, dengan demikian menghasilkan “perubahan-perubahan dalam alam bawah sadar manusia” sesuai yang diminta oleh si penyihir.”
– W. E. Butler, Magic; It’s Ritual, Power and Purpose
Mempertimbangkan fakta bahwa para anggota perkumpulan okult seperti Freemasonry mereka mempelajari Sihir dan kekuatan-kekuatan yang berada di balik simbol, oleh karena itu tidak diragukan lagi bahwa banyak perusahaan menterapkan logo-logonya dengan ilmu pengetahuan kuno ini. Beberapa logo bahkan dicurigai sebagai cap (seal), yang merupakan simbol yang dibebani kekuatan sihir yang difokuskan ke alam bawah sadar manusia dalam rangka melaksanakan tugas-tugas tertentu. Dengan kata lain, simbol-simbol itu lebih kuat daripada yang Anda kira. Stay tuned for part two.
Diterjemahkan oleh: akhirzaman.info

Sumber : http://danish56.blogspot.com/2010/12/makna-tersembunyi-dari-simbol-simbol.html#ixzz1RtoVdyC5

 

About these ads

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 945,874 hits

Map

free counters

Now Online

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.