Kesehatan, Knowledge, Lain-lain, Tips & Trik

5 Tips Agar Cepat Sembuh dari Flu

Mungkin semua orang pernah terkena flu. Flu merupakan penyakit yang paling sering kita alami. Perubahan cuaca, kelelahan atau yang paling sering adalah tertular dari orang lain. Meskipun kebanyakan jenis flu tidak mengancam jiwa, Anda tentu ingin secepat mungkin sembuh dari flu ketika penyakit itu datang. Berikut adalah 5 tips untuk mengatasi flu agar Anda dapat cepat sembuh.

1. Beristirahat

Untuk membantu tubuh Anda mengenyahkan virus flu secepat mungkin, Anda perlu beristirahat dan tidur di lingkungan yang tenang dan nyaman. Jika Anda terus memaksakan diri untuk bekerja, tubuh Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Selain itu, ada kemungkinan gejalanya kembali dengan cepat karena Anda belum pulih dan resistensi Anda sangat rendah terhadap flu.

2. Cukup Minum

Seringkali nafsu makan berkurang ketika Anda terkena flu karena adanya rasa mual atau pahit di lidah. Anda mungkin tidak banyak makan tetapi usahakanlah cukup minum. Hidrasi yang cukup membantu daya tahan tubuh Anda melawan virus flu. Teh yang dicampur madu adalah pilihan minuman yang baik untuk anda. Beberapa orang menyukai wedang jahe yang menghangatkan atau wedang jeruk nipis yang terasa enak di tenggorokan, terutama bila Anda juga merasakan tenggorokan gatal. Cobalah untuk tidak meminum kopi karena kafein berefek diuretik sehingga dapat membuat Anda jadi kekurangan cairan.

3. Meminum obat

Sebenarnya tidak ada obat untuk flu karena penyakit itu disebabkan virus. Antibiotik tidak ada gunanya untuk flu. Tubuh Anda sendirilah yang harus mengatasinya. Namun demikian, obat-obatan yang tersedia secara bebas maupun obat resep dapat membantu Anda mengurangi gejala yang ditimbulkannya, seperti demam, hidung tersumbat dan sakit kepala.

Mengkonsumsi suplemen vitamin C juga tidak terlalu bermanfaat jika Anda sudah terkena flu karena vitamin C hanya efektif meningkatkan kekebalan tubuh jika telah lama digunakan. Bahkan, berlebihan mengkonsumsi vitamin C bisa berbahaya jika tidak diimbangi cukup minum karena meningkatkan risiko batu ginjal.

4. Mandi Air Hangat.

Mandi air hangat mungkin tidak secara langsung menyembuhkan flu, tetapi jelas membuat Anda merasa lebih nyaman. Ketika mandi air hangat, buanglah seluruh lendir dari hidung dan biarkan uap air membuat hidung Anda terasa lega.

5. Kunjungi Dokter.

Jika demam terlalu tinggi ( di atas 40 derajat Celcius ), dalam waktu satu minggu belum sembuh atau tambah parah, pasien berusia lanjut atau anak-anak, di sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Setelah Anda sembuh dari flu, untuk meningkatkan ketahanan tubuh Anda biasakanlah agar selalu cukup minum (1,5 sampai 2 liter sehari), makan makanan yang seimbang, berolahraga teratur dan cukup beristirahat.

Semoga bermanfaat…

Sumber : http://zonapencarian.blogspot.com/2011/01/5-tips-agar-cepat-sembuh-dari-flu.html

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 892,209 hits

Map

free counters

Now Online

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.