Kesehatan, Tips & Trik

Cara Tepat Mengatasi Jika Tertelan Duri Ikan

Tidak sedikit orang pernah mengalami, saat makan ikan, durinya lalu tersangkut di tenggorokan. Cara umum mengatasinya adalah dengan minum cuka atau dengan menelan beberapa kepalan nasi atau roti, dengan harapan duri ikan akan ikut terbawa turun. Para ahli mengingatkan bahwa cara penanganan yang asal-asalan ini bukan saja tidak membuahkan hasil, bahkan juga sangat berbahaya.
Cara pemakaian cuka, sama sekali tidak dapat berefek melunakkan duri ikan. Karena cuka hanya dapat berhenti sebentar, melewati tempat yang disangkuti duri. Efek-nya bukan saja terbatas, bahkan akan menunda waktu untuk mengatasinya secara medis.

Bila dengan cara menelan beberapa kepalan nasi, mantou atau jenis makanan yang lain, menelannya dengan paksa bahkan lebih berbahaya. Karena ada kemungkinan duri yang secara paksa ditelan masuk akan menusuk pembuluh darah.

Para pakar menyarankan, saat tenggorokan tersangkut oleh duri ikan atau benda asing yang lain, pertama-tama harus menjaga emosi. Karena begitu tegang, maka akan mudah menjadikan otot bagian tenggorokan menjadi mengkerut (tegang) sehingga benda-benda a-sing akan semakin kuat menyangkut.

Cara yang benar adalah menjaga kondisi tetap santai (tidak tegang), lalu diminumi air secukupnya. Bila air tidak bisa menggelontornya turun, maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penangan medis. Jangan mengatasinya sendiri dengan minum cuka atau dengan menelan nasi.

Sumber: http://haxims.blogspot.com/2009/10/cara-mengatasi-tertelannya-duri-ikan.html

About these ads

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

13 thoughts on “Cara Tepat Mengatasi Jika Tertelan Duri Ikan

  1. Thanks info’a gan

    Posted by anto | September 27, 2012, 6:59 pm
  2. Makasii..Gannn…….

    Posted by Tirta | November 24, 2012, 2:59 pm
  3. nunmpang ya
    yang paling mudah telinganya kelitikin aja gan

    Posted by Rofi | Januari 23, 2013, 4:10 pm
  4. iya benar itu 085249659667

    Posted by udin | Januari 31, 2013, 8:15 am
  5. tolong dibantu ya cara mengatasinya karena mama saya sedang mengalami itu juga saya minta tolong dan terima kasih yang sebesar besarnya

    Posted by brigitte emily | April 6, 2013, 1:54 pm
  6. yachhhhhh klo cuman kerumasakit dan hubungi dokter THT ,yaaa dari dulu gue ya udah tau

    Posted by gelo | April 28, 2013, 8:55 am
  7. aku beberapa kali kesangkut duri di tenggorokan, awalnya nyeri tapi habis dibiarin lama terus nyerinya ilang sendiri, semoga memang durinya udah ilang

    Posted by ime | Mei 15, 2013, 5:15 am
  8. Olesi jari tangan kita dgn minyak bersih (myk kelapa/ zaitun), lalu masukkan ke dubur dgn sedikit ditekan/ disentak. Maka dimungkinkan muncul tekanan keluar ke arah tenggorokan kita, disertai lendir yg keluar d tenggorokan. kemudian usahakan utk bisa memuntahkan lendir tsb. Semoga duri yg menyangkut bisa ikut keluar atau tenggorokan menjadi lebih nyaman, walaupun duri tidak keluar, kemungkinan duri bisa masuk ke dlm saluran pencernaan & bisa luluh/ lumat krn terkena enzim2 penghancur dlm tubuh.

    Posted by Nuri | Juli 23, 2013, 10:40 am
    • Cara yang salah. Dari dubur ke mulut itu perlu jalan yg berliku dan panjang, ga mungkin bisa disorong gitu aja. Kalo memang mau muntah masukkan aja jari ke dallam mulut pasti muntah, tapi awas, asam lambung itu bersifat sangat asam, bukan cuma duri yg hancur kena asam lambung tenggorokan pun bisa luka kena asam lambung.

      Posted by tk | Agustus 23, 2014, 4:29 pm
  9. Haduuuuh skiit ni ketulangn tlong dr kmrn ga ilng ilng.

    Posted by arie aray cobain | Juli 25, 2014, 10:38 am
  10. Coba cara ini, percaya atau tidak yang penting tdk ada salahnya mencoba yg gratis dan tdk berbahaya dan sudah sering berhasil. Pada saat tersangkut tulang / tersedak tulang : 1. Tetap tenang jangan panik. 2. Putar 3 kali searah jarum jam piring/wadah yg dipakai makan. 3. Tunggu 1 – 5 menit kemudian minum air putih 1-2 gelas. Selesai, dan sembuh. Jika anak atau bayi yg mengalami maka dapat dilakukan oleh orang tuanya. Anggap piring atau baskom tsb sebagai jam bundar, pada saat memulai tangan anda berada di jam 12, putar 3x dan berakhir di jam 12 juga. Selamat mencoba.

    Posted by Medij Polak | Oktober 2, 2014, 1:45 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 980,004 hits

Map

free counters

Now Online

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.