Artikel Mesin, Did You Know, Knowledge

Gigi Kemudi Mobil

Gigi Kemudi Jenis Rak Dan Pinion

image thumb104 Rack And Pinion

Cara kerja : Pinion diputar ( dengan memutar roda kemudi ) maka rak akan bergerak ( ke kiri dan ke kanan )

Komponen – Komponen Kemudi Model Rak Dan Pinion

image thumb105 Rack And Pinion

1. Rumah gigi kemudi       2. Rak                  3. Rak                    4. Baut pengunci              5. Sil                                6. Pegas penekan            7. Penekan            8. Sil                      9. Baut penyetel              10.Bantalan                        11. Pinion                      12. Bantalan          13. Ring perantara   14. Ring pengunci             15. Sil                               16. Baut pengunci           17. Ring penekan    18. Karet penutup

Pinion tengah tie rod pinggir

 

 

rack pinion4 300x167 Rack And Pinion

Keuntungan :

  • Jika terjadi tabrakan , keamanan lebih baik karena tidak terhubung langsung      dengan batang kemudi
  • Produksi lebih efisien untuk dibuat kemudi kiri atau kanan

Kerugian :

  • Kontak gigi kecil
  • Pemegasan tidak baik, karena tie rod pendek
  • Pemakaian tempat besar

Penggunaan :

  • Corola, corona, Mazda, Kijang, Honda, dll

Pinion Pinggir Tie – Rod Tengah :

image thumb106 Rack And Pinion

Keuntungan :

  • Kontak gigi besar
  • Pemegasan baik, tie rod yang panjang pada waktu pemegasan terjadi perubahan geometri roda kecil
  • Pemasangan tie rod bebas / tidak terikat dengan tinggi lengan suspensi

Kerugian :

  • Konstruksi rumah lebih kuat, karena rumah menahan gaya radialdan tie rod
  • Pemakaian tempat besar

Penggunaan :

  • Alfa sud

Pinion pinggir tie -rod pinggir

image thumb107 Rack And Pinion

Keuntungan:

  • Kontak gigi besar( pinion miring terhadap rak )
  • Harga murah
  • Memerlukan sedikit tempat

Kerugian :

  • Pemegasan jelek, karena  tie rod pendek

Persyaratan :

  • Tinggi dan panjang tie-rod terhadap lengan suspensi harus sama

Penggunaan :

  • Volvo
  • Toyota starlet
  • Ford laser

Perbandingan Bervariasi Pada Gigi Kemudi Model Rak Dan Pinion

 

Situasi :

  • Pada jalan raya, diperlukan pengemudian  langsung ( Pengemudi merasakan gaya pengemudian pada roda kemudi )
  • Pada saatparkir, diperlukan gaya pengemudian yang ringan

Konstruksi :

  • Jarak puncak gigi pada rak dibuat tidak sama
  • Pada setiap putaran pinion, terjadi perubahan gerak rak dengan jarak yang berubah-ubah

image thumb108 Rack And Pinion

Saat pinion ditengah rak “ a “

  • Diameter kontak pinion besar
  • Jarak gerak rak panjang
  • Gaya kemudi berat, sudut belok roda besar

Sudut pinion dipinggir rak “ b “

  • Diameter kontak pinion kecil
  • Jarak gerak rak pendek
  • Gaya kemudi ringan,tetapi sudut belok roda kecil

Sumber : http://xtop-gear.com/general/rack-and-pinion-kemudi-roda-otomotif-mobil-ban-power-steerin/

About these ads

Tentang rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 779,907 hits

Map

free counters

Now Online

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.