Artikel Mesin, Did You Know, Knowledge

Rem Tangan

Macam – Macam Lengan Pengoperasian

Lengan ditempatkan di samping atau di antara kursi

• Tarik lengan unutk mengoperasikan rem tangan
• Tekan “knop” untuk melepas

rem tangan1 300x200 Rem Tangan

Lengan batang tarik

• Tarik batang tarik untuk mengoperasikan rem tangan
• Putar untuk melepas

rem tangan2 300x291 Rem Tangan

Lengan pedal

• Tekan pedal untuk mengoperasikan rem tangan
• Tarik “knop” untuk melepas

rem tangan 3 300x165 Rem Tangan

Sistem Pemindah Tenaga Rem Tangan

rem tangan 4 300x182 Rem Tangan

Nama – nama bagian :
1. Lengan tangan
2. Batang tarik
3. Mur penyetel
4. Penyeimbang
5. Kabel rem

Macam – Maca
m Pelaksanaan Pegereman Rem Tangan

rem tangan 5 300x182 Rem Tangan

Konstruksi

• Lengan rem tangan terpasang pada poros luncur di atas sepatu rem
• Batang dorong terpasang di antara lengan dengan sepatu rem II

Cara kerja :

• Lengan rem tangan ditarik oleh kabel secara manual
• Batang dorong menekan sepatu rem II dan mengangkat sepatu rem I untuk bersama – sama menekan tromol

Penggunaan :

• Mobil kijang
• Hampir semua kendaraan

Penyetelan Automatis Pada Rem Tangan

Rem tangan pada tromol sering dipakai untuk :
menyetel rem secara automatis

Konstruksi pada bagian – bagian khusus

rem tangan 6 294x300 Rem Tangan

1. Lengan penyetel
2. Plat penyetel
3. Pegas tarik
4. Baut penghubung ( batang dorong )

Bagian – bagian baut penghubung dan roda gigi penyetel
rem tangan 7 300x66 Rem Tangan

Cara Penyetelan Automatis

Gerakkan angkat plat penyetel 2 karena didorong oleh lengan penyetel 1 dan dikembalikan lagi oleh pegas tarik 3

rem tangan 8 300x271 Rem Tangan

Saat celah kanvas besar

• Saat mengoperasikan rem tangan plat penyetel naik pada roda gigi penyetel
• Bila langkahnya cukup besar, plat penyetel bisa naik satu gigi lagi

rem tangan 9 286x300 Rem Tangan

• Saat melepas rem tangan plat penyetel memutarkan roda gigi penyetel
• Putaran roda gigi penyetel akan memanjangkan baut penghubung dan mengurangi gerak bebas antara kanvas dan tromol

rem tangan 10 300x248 Rem Tangan

Saat celah kanvas sesuai

• Bila dilakukan pengoperasian rem tangan lagi, plat penyetel tidak bisa naik satu gigi lagi
Jadi tidak meyetel lagi

Rem Tangan Pada Cakram

rem tangan 11 218x300 Rem Tangan

Jenis kaliper luncur

• Di belakang torak ada eksenter
• Bila rem tangan ditarik, eksenter menekan torak cakram

rem tangan 12 268x300 Rem Tangan

Jenis penjepjit sendiri

• Pada kaliper dilengkapi dengan unit penjepit atau tang
• Unit penjepit digerakkan secara manual oleh kabel rem tangan untuk menjepit cakram
• Biasanya dipasang pada aksel belakang

rem tangan 13 300x251 Rem Tangan

Jenis tromol pada cakram

• Cara kerjanya seperti rem tromol
• Digerakkan oleh kabel rem tangan

Catatan :

Semua sistem rem tangan pada rem cakram tidak diperoleh gaya pengereman yang besar

Rem Tangan Pada Transmisi
rem tangan 14 181x300 Rem Tangan

Unit rem tangan di antara transamisi dengan poros propeller

Konstruksi

Ada dua macam konstruksi
1. Kanvas rem di dalam ( seperti rem tromol biasa )
2. Kanvas rem di luar

Cara kerja kanvas rem di luar ( lihat gambar )
• Mekanisme lengan menekan kanvas di atas tromol
• Lengan rem tangan ditarik dengan melalui tuas kanvas rem, maka kanvas menjepit tromol rem.

Sumber : http://xtop-gear.com/general/rem-tangan/

About these ads

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 903,148 hits

Map

free counters

Now Online

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.