Artikel Mesin, Did You Know, Knowledge

Casis Dan Pemindah Tenaga

1. Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga

  • Kopling
: Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
  • Transmisi
: Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehingga menghasilkan momen puntir yang diinginkan
  • Poros Penggerak

( propeler Shaft )

: Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi
  • Penggerak Aksel (Gardan)
Þ    Penggerak sudut,  untuk memindahkan arah putaran poros penggerak kearah poros aksel
Þ    Differensial, untuk menyeimbangkan putaran kedua roda pada saat belok
  • Poros Aksel
: Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda

2. Sistem Penggerak Roda

2.1. Penggerak Roda Belakang
2.1.1. Motor Di Depan

 

penggerak1 300x114 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

Keuntungan :
• Kenyamanan pada jalan aspal baik Kerugian
• Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang

Contoh pemakaian : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )

Keuntungan

  • Kenyamanan pada jalan aspal baik
Kerugian

  • Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang

Contoh pemakaian  : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )

2.1.1. Motor belakang

penggerak2 300x142 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

Keuntungan
• Pada jalan lumpur traksi baik Kerugian
• Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan

Contoh pemakaian : VW kodok (lama) , bis Mb dan lain-lain

2.2. Penggerak Roda Depan
2.2.1. Motor Memanjang



penggerak3 300x100 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

Keuntungan
• Keamanan tinggi, jika roda penggerak slip mobil masih stabil
• Traksi baik jika tidak terdapat banyak beban pada aksel belakang Kerugian
• Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian : Konstruksi lama Misalnya : Renault

2.2.2. Motor Melintang
penggerak4 300x218 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
Keuntungan :
• Menghemat tempat
• Penggerak sudut tidak diperlukan
• Poros propeler tidak diperlukan lagi Kerugian :
• Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian : pada kebanyakan kendaraan

2.3. Penggerak empat roda

penggerak5 300x191 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

Keuntungan : Traksi sangat baik

Kerugian : Harga mahal dan berat
Pada sistem penggerak empat roda dapat dibedakan :
a. Penggerak empat roda selektif
• Dapat menggunakan aksel belakang pada jalan baik
• Aksel depan dapat dihubungkan pada jalan jelek
b. Penggerak empat roda permanen
• Memerlukan penyeimbang antara kedua poros penggerak ( Mis : Diferensial, Kopling Visco )
• Lebih mahal
Contoh pemakaian : Kendaraan lapangan, Militer dan lain

Sumber : http://xtop-gear.com/general/casis-dan-pemindah-tenaga-kopling-mobil-otomotif-sedan-vw-otto-mesin-diesel/

Iklan

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

One thought on “Casis Dan Pemindah Tenaga

  1. I have read so many posts about the blogger lovers but
    this piece of writing is truly a good article, keep it up.

    Posted by vw bus | Juni 1, 2014, 11:36 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2,098,200 hits

Map

free counters

Now Online