Did You Know

Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan

Hai… veroholic, di dalam bidang penerbangan ternyata ada banyak hal yang unik, namun disini admin hanya memperlihatkan beberapa hal unik seputar penerbangan. Yuk, langsung aja kita baca sama-sama di bawah ini.

1. Pesawat dengan bentuk seperti lumba-lumba



Pesawat unik ini biasa digunakan untuk mengangkut pesawat ataupun bagian pesawat lainnya yang belum dirakit. Beberapa namanya yang terkenal adalah Airbus Beluga dan Transporter.

2. Sonic Boom


Pesawat ini memiliki kecepatan secepat kecepatan suara dan dapat menempuh jarak 1 km hanya dalam 3 kali kedipan mata, sehingga dapat menimbulkan suara dentuman seperti suara petir.

3. Aerion Supersonic 


Pesawat ini hanya diperuntukan untuk 12 penumpang. Kecepatannya melebihi pesawat penumpang bermesin jet lainnya. Pesawat ini dapat terbang dari Paris ke New York hanya dalam 4 jam 14 menit, yang artinya lebih cepat 3 jam dari pesawat penumpang bermesin jet lainnya.

4. Bandara Heathrow yang selalu diganggu oleh kawanan burung di landasan pacunya


Sudah berbagai cara dilakukan untuk mengusir kawanan burung-burung ini dari daerah sekitar bandara. Mulai dari memasang pita khusus untuk mempersulit kawanan burung ini terbang lalu lalang hingga alat khusus yang dapat mengirimkan gelombang suara yang dapat menakutinya, namun mereka tetap senang bermain di bandara ini.

5. Tabrakan fatal dengan seekor burung

Dalam kecepatan sangat tinggi, tabrakan pesawat dengan benda sekecil apapun di udara, pasti dapat membahayakan keselamatan pesawat dan penumpangnya. Contohnya seperti gambar diatas, yaitu bagaimana seekor burung yang tertabrak pesawat, dapat membuat sayap pesawat menjadi sobek, retak, bahkan bisa hancur.

6. Bandara dekat pantai


Mungkin pemandang pesawat terbang rendah, telah menjadi atraksi menarik bagi turisturis di sekitar bandara. Namun tanpa mereka sadari, sebenarnya hal itu dapat memahayakan diri mereka apabila terkena semburan panas jet dari pesawat.

Bandara unik yang terletak di dekat pantai ini bernama ‘Princess Juliana International Airport’. Pada akhirnya bandara ini resmi ditutup karena landasannya yang sangat pendek sehingga menyulitkan bagi pesawat besar untuk tinggal landas.

7. Bandara yang kebanjiran


Kejadian ini berlangsung di Chennai Airport. Saat itu sedang tejadi banjir besar disana, sehingga menjadi pemandang unik, seakan pesawat-pesawat disana bisa berjalan di atas air.

8. Bandara Gibraltar


Bandara ini sangat unik, karena landasannya memotong jalur kendaraan umum lainnya. Seperti yang dapat kita lihat pada gambar, kendaraan yang akan lewat harus berhenti dahulu apabila ada pesawat yang mau melintas di landasan tersebut.

Seperti kita antri saat kereta api mau lewat, tetap juga ada kendaraan yang nekat menerobos palang pintu penjagaan.

9. Manuver helikopter yang luar biasa dari pilot yang handal 


Terjadi di Afghanistan, disaat helikopter bantuan datang untuk menyelamatkan tentara yang terluka dari atap sebuah gubuk. Hanya pilot handal dan helikopter berteknologi tinggi yang dapat melakukan manuver ini.

10. Wingtip vortices 


Gesekan antara udara dan sayap menimbulkan panas dan meng-kondensasikan udara yang hampir mencapai titik embun, lalu terbentuklah jejak-jejak uap air di ujung pesawat. Garis asap yang kita lihat setiap kali pesawat melintas itu trjadi karena proses kondensasi

11. Manusia jet


Untuk dapat terbang, Kamu harus beradsa di ketinggian 4000 meter terlebih dahulu. Setelah itu baru Kamu terjun melayang-layang di udara. Lalu baru pada ketinggian 2500 meter, mesin jet dinyalakan dan Kamu bisa terbang bebas dan bermanuver pada ketinggian 1600 meter.

12. Pesawat tanpa suara


Sebutannya adalah ‘Silent Aircraft Initiative’, pesawat ini tidak mengeluarkan suara bising dan juga hemat bahan bakar. Cocok digunakan sebagai pesawat mata-mata.

13. Pesawat pemadam kebakaran


Evergreen Supertanker, Pesawat Pemadam Kebakaran terbesar di dunia. Dibuat dari Boeing 747, memiliki ruang untuk tangki hingga 24.000 galon dan dapat memadamkan105.000 hektar lahan ataupun hutan yang terbakar.

Pesawat Be-200 adalah amfibi baru, paling efisien dan canggih yang pernah diproduksi. Amfibi Be-200 dirancang sebagai pesawat pemadam kebakaran, tetapi bisa juga dugunakan untuk transportasi penumpang dan kargo, patroli pantai, pengendalian lingkungan, operasi penyelamatan di laut, dll.

source

Iklan

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

3 thoughts on “Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan

  1. Hi there everyone, it’s my first go to see at this web page, and paragraph is in fact fruitful designed for me, keep up posting such articles or reviews.

    Posted by raspberry ketone forte | Juni 16, 2013, 6:16 pm
  2. If you wish for to obtain a great deal from this
    paragraph then you have to apply such methods to your won web
    site.

    Posted by green coffee bean extract dose | Juni 16, 2013, 8:03 pm
  3. Very nice post. I simply stumbled upon your weblog and wanted to say that I’ve really loved browsing your blog posts. After all I’ll be subscribing in your feed and I am hoping you write
    once more very soon!

    Posted by homepage | Juli 14, 2013, 1:50 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2,113,958 hits

Map

free counters

Now Online