Artikel Islam

Pentingnya Keikhlasan pada Ibadah Qurban

AGAMA mengajarkan bahwa semua ibadah hendaknya dilakukan semata-mata ikhlas karena Allah (QS Al-An’am, 6:162-163). Tak terkecuali ibadah haji dan ibadah Qurban. Karena hanya dengan niat yang ikhlaslah, akan terjamin kemurnian ibadah yang akan membawa kita dekat kepada Allah. Tanpa adanya keikhlasan hati, mustahil ibadah akan diterima Allah (QS Al-Bayyinah, 98:5)

Dalam kaitan dengan ibadah qurban, Allah menegaskan bahwa daging hewan yang diqurbankan itu tidak akan sampai kepada-Nya melainkan hanyalah ketaqwaan pelaksana qurban itu (QS Al-Haj, 22:37). Jadi Allah tidak mengharapkan daging dan darah hewan qurban itu, tetapi ketaqwaan seseorang. Ketaqwaan yang tumbuh dari hati yang bersih dan ikhlas.

Ibadah qurban merupakan salah satu sarana bagi kita untuk membersihkan hati agar menjadi lahan yang subur untuk tumbuhnya iman dan taqwa. Dimensi keikhlasan dalam setiap amal perbuatan harus menjadi landasan utama. Hal ini penting agar kita senantiasa mengorientasikan kehidupan kita semata-mata untuk mencapai ridha Allah s.w.t. Dengan ikhlas beramal, berarti seseorang membebaskan dirinya dari segala bentuk rasa pamrih, agar amal yang diperbuat tidak bernilai semu dan bersifat palsu.

Dengan keikhlasan, seseorang dapat mewujudkan amal sejati. Dan kesediaan berqurban yang dilandasi rasa keikhalan semata-mata, dapat mengurangi atau mengekang sifat keserakahan dan ketamakan manusia untuk berlaku serakah dan tamak. Kesediaan berqurban mencerminkan adanya pengakuan akan hak-hak orang lain, yang seterusnya dapat menumbuhkan rasa solidaritas sosial yang tinggi.

Kepedulian Sosial: Dimensi lain pada Ibadah Qurban
Melalui syari’at qurban, kaum muslimin dilatih untuk menebalkan rasa kemanusiaannya, mengasah kepekaannya dan menghidupkan hati nuraninya. Ibadah qurban sarat dengan nilai kemanusiaan dan nilai-nilai sosial yang tinggi. Oleh karenanya orang Islam yang tidak mampu mewujudkan nilai-nilai kemasyarakatan, dianggap sebagai pendusta agama(QS Al-Ma’un, 107:1-3).

Maka mari kita manfaatkan momen qurban ini untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT serta menumbuhkan jiwa kepedulian dan sosial kita kepada sesama, terutama mereka yang kekurangan (miskin).

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2.632.390 hits

Map

free counters

Now Online

Blog sobat

Awas!!! virus piala dunia

Nilai Blog Ini

My site is worth$1,763.4Your website value?