Did You Know, Knowledge

5 Tragedi Menyedihkan Dalam Sejarah Olimpiade

Olimpiade Musim Panas 2012, yang secara resmi bernama “Games of the XXX Olympiad”atau “Olimpiade London 2012”, akan dilaksanakan di London, Inggris mulai tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. Ini adalah ajang bergengsi bagi para atlit di berbagai cabang olahraga. Bagi penontonnya, ini menjadi acara hiburan yang sangat menarik.

Namun, apa jadinya bila yang terjadi sebuah tragedi, insiden atau peristiwa menyedihkan dalam ajang itu? Mengutip Yahoo, berikut ini Redaksi Mizan.com menyajikan “5 Tragedi Menyedihkan di Olimpiade”.

Ledakan Tiga Bom Pipa, Olimpiade Musim Panas, Atlanta.

Olimpiade saat itu sebenarnya bersejarah dan diprediksi akan berlangsung sangat meriah. Sebab, itu adalah Peringatan 100 Tahun Olimpiade Musim Panas. Olimpiade saat itu berlangsung di Atlanta, Amerika Serikat, pada tahun 1996. Namun, secara mengejutkan, tiga bom pipa meledak di Centennial Olympic Park, taman yang khusus disiapkan sebagai pertanda Peringatan 100 Tahun Olimpiade. Tragedi dalam Pembukaan Olimpiade XXVI itu menewaskan dua orang serta melukai 111 lainnya. Dan, Olimpiade pun menjadi menyedihkan.

Atlit Pesepeda Denmark Tewas Saat Bertanding Sepeda, Olimpiade 1960.

Mungkin, kita berpikir bahwa atlit sepeda takkan pernah jatuh dari sepedanya. Sebab, ia seorang atlit bersepeda yang tentunya sangat mahir dalam bersepeda. Namun, tidak untuk pesepeda asal  Denmark, Knut Jensen. Di Olimpiade 1960, ia jatuh dari sepedanya saat panas terik di Olimpiade 1960 di Roma, Italia. Kepalanya terbentur ke jalan raya, hingga akhirnya nyawanya tak tertolong. Namun, setelah diselidiki, konon menurut informasi resmi penyebab kematiannya adalah serangan jantung. Namun, dari hasil otopsi terungkap, ada zat amfetamin dalam tubuhnya. Peristiwa ini yang kemudian mendorong ditegakkannya regulasi anti doping dalam Olimpiade.

Atlit Lari yang Tewas Saat Bertanding, Olimpiade 1912.

Francisco Larazo punya cerita yang sama dengan Knut Jensen. Ia juga tewas saat bertanding. Pelari marathon asal Portugal ini ambruk saat mengikuti pertandingan Olimpiade di Stockholm, Swedia, pada tahun 1912. Ia wafat sehari setelah ambruk dalam pertandingan itu. Tubuhnya dilaporkan tidak mampu menahan panas 106 derajat Fahrenheit saat pertandingan berlangsung.

Kecelakaan Pemain Denmark, Olimpiade 1960.

Bayangkan, ketika rombongan atlitnya sedang perjalanan untuk mengikuti Olimpiade, pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan dan 8 atlitnya tewas. Itulah yang terjadi pada Denmark dalam Olimpiade 1960. Pada 16 Juli 1960, tim sepak bola nasional Denmark untuk Olimpiade mengalami kecelakaan penerbangan dengan menggunakan maskapai Zone-Redningskorpset, di Copenhagen, Denmark, hingga menewaskan 8 pemainnya.

Keracunan Makanan, Olimpiade 2008.

NamanyaMicael Rimmer. Ia pelari asal Inggris. Dalam Olimpiade 2008, sebuah tragedi menimpanya.  Pelari 800 meter ini keracunan makanan yang disantapnya. Entah apa yang tercampur di makanannya, yang jelas ketika itu, kata Rimmer, dia merasa tidak stabil. “Antara keracunan makanan dan perasaan grogi,” ujarnya.

Dan, kita semua berharap bahwa Olimpiade Musim Panas 2012akan berlangsung secara lancer, meriah dan tentunya tanpa ada tragedi. [Husein/Mizan.com]

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 1,944,271 hits

Map

free counters

Now Online