Langkah kerja
· Letakkan bak dibawah motor
· Lepas baut pembuang oli yang terletak pada karter
· Lepas saringan oli dengan tangan atau kunci pelepas khusus. Kontrol, apakah paking karetnya tak tertinggal pada motor !
Pemilihan saringan oli
· Pilih saringan oli dengan mencocokkan ulir saringan dan diameter paking dahulu
· Kontrol apakah saringan oli lama dilengkapi dengan katup “ by-pass “ atau tidak.
Lihat gambar.
· Kontrol perlu tidaknya katup anti-balik didalam saringan oli dengan melihat posisi pengikatan saringan oli terhadap motor. Jika posisi pengikatan horisontal atau sambungan saringan dibawah, maka saringan oli harus dilengkapi dengan katup anti- balik
Katup anti-balik ( karet )
· Pasang baut pembuang oli kembali , gunakan paking baru.
Periksa dan bersihkan tempat dudukan saringan oli. Beri oli atau vet pada paking saringan oli baru.
· Pasang saringan oli baru dan keraskan sedikit dengan tangan.
· Isi oli pada motor.
Gunakan corong dengan pelan-pelan, supaya oli tidak tumpah.
· Kontrol, apakah oli tepat pada tanda max !
· Bersihkan bagian-bagian mobil yang kotor kena oli
· Hidupkan motor dan kontrol kebocoran pada baut pembuang dan saringan oli yang telah dipasang.
Sumber : http://xtop-gear.com/tune-up/penggantian-oli-motor-dan-saringan-oli/
Diskusi
Belum ada komentar.