Did You Know, Lain-lain, Tips & Trik

3 Tips Menggunakan Media Sosial Dengan Cerdas

Media sosial tentu sudah akrab dikalangan masyarakat Indonesia. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa dengan memanfaatkan media sosial justru bisa menjadi lahan pekerjaan. Dengan mengandalkan koneksi internet yang lancar serta sebuah laptop, atau komputer pekerjaan pun bisa dipantau melalui Facebook maupun Twitter.

Berdasarkan penelitian dari eMarketer, 73 persen netizen mengatakan mencari cara mengelola konten di media sosial adalah tantangan terbesar mereka. Dan untuk Anda yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana mencari pemasukan, dibawah ini adalah beberapa tips bekerja secara cerdas.

1. Belajar mengabaikan gangguan. Rata-rata orang yang aktif bekerja di lingkungan media sosial kehilangan satu sampai dua jam karena terdistraksi oleh gangguan yang datang secara mendadak. Untuk menghindari Anda membuang waktu, prioritaskan apa yang harus Anda kerjakan.

Jika Anda memiliki waktu 3 jam perhari di media sosial, tentukan apa yang ingin Anda selesaikan pada waktu tersebut. Rencanakan jadwal yang matang untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu Anda. Serta buang jauh-jauh hal-hal yang akan mengacaukan aktivitas Anda tersebut.

2. Tentukan kapan waktu produktif Anda. perhatikan dengan teliti kapan kira-kira Anda aktif melakukan suatu pekerjaan. Apakah siang hari, atau tengah malam.

Anda juga harus mengingat waktu yang tepat untuk ber-media sosial. Selain gerilya pada hari dan jam kerja, pukul 17.00 adalah waktu yang tepat untuk me-retweet suatu berita. Pukul 12.00-18.00 adalah saat yang tepat untuk men-tweet dan bisa meningkatkan jumlah klik terhadap tweet Anda. Sedangkan hari Sabtu adalah hari yang tepat untuk memposting tautan mengenai cerita inspiratif atau berbagi pengalaman pribadi yang menyenangkan di Facebook.

3. Tetap fokus. Banyak hal yang tidak boleh dilakukan untuk tetap fokus tapi Anda terus melakukan. Contohnya: meladeni cerita kawan melalui telpon sementara Anda sibuk bekerja melalui media sosial. Menghiraukan guyonan dan pertanyaan teman melalui online chatting.

Untuk meningkatkan kualitas pekerjaan Anda di media sosial, berikut beberapa saran yang mungkin bisa Anda terapkan agar tetap fokus.

  • Tutup tab email ketika Anda sedang melangsungkan pekerjaan.
  • Tutup tab yang tak penting. Sisakan hanya tab yang Anda perlukan saja.
  • Sisihkan 15-30 menit  perhari untuk mengecek akun media sosial pribadi Anda, membalas pesan, atau hanya sekadar chatting dengan kawan.
  • Sisihkan 30 menit perhari pada pagi dan malam hari untuk mengecek dan membalas email.
  • Kerjakan semua sesuai dengan jadwal kerja Anda di media sosial.

Selamat mencoba!

source: http://salingsilang.com/baca/3-tips-menggunakan-media-sosial-dengan-cerdas

Iklan

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2,243,492 hits

Map

free counters

Now Online