Artikel Islam

Keutamaan Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan kebaikan dan barokah. Allah SWT memberkahinya dengan banyak keutamaan, diantaranya:

1. Sebagai Bulan Al-qur’an

Allah SWT menurunkan kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia, obat bagi kaum muslimin, membimbing kepada yang lebih lurus, menjelaskan jalan petunjuk (Al-qur’an) pada malam Lailatul Qadar, suatu malam di bulan ramadhan.

Allah SWT memberkahi bulan Ramadhan karena sesungguhnya sifat bulan Ramadhan adalah sebagai bulan diturunkan padanya Al-qur’an.  Maka barangsiapa melihatnya (Ramadhan), maka hendaklah berpuasa.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah: 185;

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka wajiblah baginya berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkannya, pada hari-hari yang lain. Allah SWT menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya, dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur”.

2. Dibelenggunya Syaithan, Ditutupnya Pintu-pintu Neraka dan Dibukanya Pintu-pintu Surga.

Rasulullah SAW bersabda:”Jika datang bulan Ramadhan, maka dibukalah pinti-pintu surge (dalam riwayat Muslim: Dibukalah pintu-pintu rahmat) dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggunya Syaithan”. (Hadits Riwayat Bukhari-Muslim)

Pada bulan Ramadhan, kejelekan menjadi sedikit karena jin-jin jahat dibelenggu dan diikat dengan salasil (rantai), belenggu dan ashfad. Mereka tidak bisa bebas merusak manusia sebagaimana bebasnya di bulan yang lain, karena kaum muslimin sibuk menunaikan puasa dengan seluruh ibadah di dalamnya.

Dalam sebuah hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:”Jika datang awal malam bulan Ramadhan, diikatlah para syaithan dan jin yang jahat, ditutup pintu-pintu neraka, tidak ada satu pintu pun yang dibuka, dan dibukalah pintu-pintu surga, tidak ada satu pun yang ditutup, berseru seorang penyeru;”Wahai orang yang ingin kebaikan, lakukanlah. Dan bagi Allah mempunyai orang-orang yang dibebaskan dari neraka, itu terjadi pada setiap malam”.(Diriwayatkan oleh Tarmidzi dan Ibnu Khuzaimah dari Abi Bakar bin Ayyasy dari Al-A’masy dari Abu Hurairah dan sanadnya dari Hasan)

3. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Dari Abu Hurairah RA: adalah Rasulullah SAW memberi kabar gembira kepada para sahabat dengan bersabda:”Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah SWT mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para syaithan diikat, juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa.” (HR Ahmad dan An-Nasa’i)

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:”Ummatku, pada bulan Ramadhan diberi lima keutamaan yang tidak diberikan kepada ummat sebelumnya, yaitu: (1) bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah SWT daripada aroma kasturi, (2) para malaikat memohonkan ampunan bagi mereka sampai mereka berbuka, (3) Allah ‘Azza wa Jalla setiap hari menghiasi surga-Nya lalu berfirman (kepada surga), “Hampir tiba saatnya para hamba-Ku yang shalih dibebaskan dari beban dan derita serta mereka menuju kepadamu (surga)”. (4) Pada bulan ini para jin yang jahat diikat sehingga mereka tidak bebas bergerak seperti pada bulan lainnya, dan (5) diberikan kepada ummatku ampunan pada akhir malam”.

Iklan

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2,243,492 hits

Map

free counters

Now Online