Artikel Mesin, Did You Know, Knowledge, Tips & Trik

Mata-mata Indikator Keausan Ban

img

Pernah melihat tanda segitiga pada ban? Itulah yang disebut sebagai Tire Wear Indicator atau Indikator Keausan Ban. Seiring perkembangan teknologi karet ban, kini indikator tersebut bisa berubah bentuk tak lagi segitiga yang membosankan.

Setidaknya itu yang diterapkan Falken, produsen ban asal Jepang. Falken menamai indikator aus tidaknya ban dengan nama Special Eyes.

Indikator ini berubah bentuk tergantung kondisi ban untuk memaksimalkan umur ban. Si mata ajaib ini akan berubah bentuknya 2 kali saat ban butuh dirotasi.

Jadi saat ban masih baru, si mata akan berbentuk bulat, kemudian ketika ban meminta dirotasi pertama kalinya, mata ini akan berbentuk kotak, dan kemudian matanya menghilang saat meminta pergantian atau rotasi yang kedua.

Falken menerapkan indikator yang unik ini pada ban model ZIEX ZE912. Begitu pula ban model terbaru ZIEX ZE914 sudah dilengkapi si mata-mata ini.

Selain memiliki indikator yang unik, ban Falken diklaim bisa memperbaiki efisiensi kendaraan sampai 3,8 persen jadi lebih irit.

Sumber : http://oto.detik.com/read/2012/03/28/163157/1879184/1213/mata-mata-indikator-keausan-ban

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2.632.390 hits

Map

free counters

Now Online

Blog sobat

Awas!!! virus piala dunia

Nilai Blog Ini

My site is worth$1,763.4Your website value?