Artikel Islam

Mengapa Berdzikir

Hidup dan segala yang ada di kehidupan ini adalah milik Alloh Swt. Demikan juga mati dan segala hal yang menyangkut kematian, hanya Alloh Swt. lah yang menentukannya. Selalu mengingat Alloh Swt. berarti kita mencintai kepada Dzat yang Maha meliliki. Semakin kita mengingat Alloh Swt. semakin kita mencintai-Nya. Maka Alloh Swt. akan memberi kebaikan yang tak terhingga kepada orang-orang yang selalu mengingat-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: (yang artinya)

1. “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu (dengan memberikan rahmat dan ampunan). Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” [QS. Al –Baqarah: 152]

2. “Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut (pada siksaan-Nya), serta tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan sore hari. Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” [QS. AlA’raf: 205]

3. “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah. Dzikir yang sebanyak-banyaknya.”[QS. Al-Ahzaab: 41]

4. “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, maka Allah menyediakan untuk mereka pengampunan dan pahala yang besar.” [QS. Al-Ahzaab; 35]

Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa salam bersabda tentang keutamaan dzikir:

1. “Maukah kamu, aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Rajamu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; dan lebih baik bagimu daripada bertemu dengan musuhmu, lantas kamu memenggal lehernya atau mereka memenggal lehermu?” para sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” [1]

2. “Perumpaan orang yang ingat akan Rabbnya dengan orang yang tidak ingat Rabbnya laksana orang yang hidup dengan orang yang mati.” [2]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Aku sesuai persangkaan hamba-Ku, Aku bersamanya [3] bila dia ingat Aku. Jika dia mengingat-Ku dalam dirinya, Aku mengingatnya dalam diri-Ku. Jika dia menyebut nama-Ku dalam suatu perkumpulan, Aku menyebutnya dalam perkumpulan yang lebih baik dari mereka. Bila dia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika dia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika dia datang kepada-Ku dengan berjalan (biasa), maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat.” [4]

“Barangsiapa yang duduk di suatu tempat, lalu tidak berdzikir kepada Allah di dalamnya, pastilah dia mendapatkan hukuman dari Allah. Dan barangsiapa yang berbaring dalam suatu tempat lalu tidak berdzikir kepada Allah, pastilah mendapatkan hukuman dari Allah.” [4]

Maka marilah kita perbanyak dzikir untuk menghiasi hari-hari kita.

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2.632.389 hits

Map

free counters

Now Online

Blog sobat

Awas!!! virus piala dunia

Nilai Blog Ini

My site is worth$1,763.4Your website value?