Artikel Mesin, Did You Know, Knowledge

Geometri Roda

Suspensi Aksel Rigrid

Suspensi merupakan bagian kendaraan yang menghubungkan bodi kendaraan dengan roda. Konstruksinya dibuat sedemikian rupa sehingga kendaraan dapat berjalan dengan nyaman dan aman.

Untuk itu maka suspensi harus dapat :

  • Mengantar gerakan roda
  • Memungkinkan roda tetap menapak pada jalan
  • Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan
  • Meneruskan gaya pengemudian dan pengereman

 

suspensi rigid 300x210 Geometri Roda

Sifat – sifat :

  • Gerakan salah satu roda mempengaruhi roda yang lain
  • Konstruksi sederhana, perawatan mudah
  • Gerakan pemegasan sedikilt mempengaruhi geometri roda
  • Memerlukan ruang pemegasan yang besar
  • Titik berat kendaraan tidak dapat rendah (kenyamanan kurang)
  • Massa tak berpegas (aksel, roda) berat (kenyamanan kurang
  • Bodi sedikit miring pada saat belok

Penggunaan : Aksel belakang tanpa/dengan penggerak roda ( kendaraan ringan dan berat ),  aksel depan ( kendaraan berat ) tanpa / dengan penggerak.

bubble25 Geometri Roda Macam – Macam Suspensi Aksel Rigrid :

1. Aksel Canggah

axl rigid 300x125 Geometri Roda

Ujung aksel berbentuk seperti canggah atau garpu yang dihubungkan sumbu king pin dengan spindel.                Penggunaan : Aksel depan pada kendaraan berat.

2. Aksel Kepalan Tinju

axl kepalan tinju 300x132 Geometri Roda

Ujung aksel berbentuk seperti kepalan tinju yang dihubungkan sumbu king pin dengan spindel

Penggunaan : Aksel depan pada kendaraan berat

2. Aksel Pipa

2.1. Berpegas Koil

berpegas coil 300x182 Geometri Roda

Lengan – lengan berfungsi untuk mengantar gerakan roda ( pegas koil  tidak dapat menerima beban horisontal ) arah memanjang dan melintang.  Penggunaan : Aksel depan / belakang, dengan / tanpa penggerak roda

2.2.   Berpegas Daun

berpegas daun 300x223 Geometri Roda

Tidak dibutuhkan lengan – lengan, karena pegas daun dapat meneruskan beban / gaya memanjang dan melintang. Penggunaan : Aksel depan / belakang, dengan / tanpa  penggerak roda

2. Aksel De – Dion

image thumb95 Geometri Roda

Kedua roda dipegang batang / aksel khusus, diferensial  diikat pada bodi, perlu empat penghubung ( joint ) pada aksel roda, tidak ada perubahan geometri roda saat pemegasan, massa tak terpegas ringan. Penggunaan : Aksel belakang dengan penggerak roda belakang

Sumber : http://xtop-gear.com/general/geometri-roda/

Iklan

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2,188,979 hits

Map

free counters

Now Online