Artikel Mesin, Did You Know, Knowledge

Rem Cakram

clip image0027 thumb Rem Cakram

Gaya gesek didapatkan dari gesekan antara cakram ( piringan ) dengan pad ( balok rem ) :

Piringan cakram berputar –> bersama – sama roda

Kaliper dan pad –> terpasang pada aksel

1. Macam – Macam Cakram ( Piringan )

clip image0029 thumb Rem Cakram

1.1. Cakram penuh

  • Digunakan untuk mobil : Ukuran sedang dan Kecepatan menengah
  • Pendinginan cukup
  • Harga Murah

clip image00211 thumb Rem Cakram

1.2. Cakram dengan rusuk pendingin

  • Digunakan untuk mobil : Ukuran berat & Kecepatan tinggi
  • Pendinginan lebih baik
  • Harganya Mahal

2. Macam – Macam Kaliper

2.1. Kaliper tetap

clip image00213 thumb Rem Cakram

  • Kaliper terpasang mati pada aksel
  • Masing – masing sisi kaliper terdapat torak
  • Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin

Cara kerja

  • Ketika pedal rem diinjak, tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram.
  • Ketika pedal rem dilepas, dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis
  • Dalam penggunaan memakai konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi

2.2. Kaliper Luncur Satu Torak

rem1 thumb Rem Cakram

Cara kerja :

  • Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
  • Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
  • Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder clip image0014 thumb Rem Cakram unit silinder bergerak ke kanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
  • Balok rem 1 didorong ke kiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, ke arah permukaan gesek cakram
  • Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram cakramclip image0014 thumb1 Rem Cakram terjadi pengereman

2.2. KaliperLluncur Dua Torak

rem1 thumb1 Rem Cakram

Cara kerja :

  • Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
  • Torak I bergerak ke kiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
  • Torak II bergerak ke kanan mendorong unit rangka luncur clip image0014 thumb1 Rem Cakrambalok rem 2 terdesak ke arah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
  • Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong ke kanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
  • Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram clip image0014 thumb1 Rem Cakram terjadi pengereman

2.3. Komponen Rem Cakram Jenis Kaliper Luncur ( Contoh : TOYOTA )rem1 thumb2 Rem Cakram

Keterangan :

  • Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
  • Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem

3. Kaliper berayun

Pengertian : Kaliper berputar pada pusat putar secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem

rem1 thumb3 Rem Cakram

Konstruksi :

  • Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka.
  • Unit kaliper terpasang pada pusat putar
  • Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak

Cara kerja :

  • Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
  • Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 ke arah permukaan gesek cakram
  • Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder clip image0014 thumb1 Rem Cakram unit kaliper bergerak mengayun mendorong balok rem 2 kekanan, ke arah permukaan gesek cakram
  • Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan gesek cakram clip image0014 thumb1 Rem Cakram cakram terjepit clip image0014 thumb1 Rem Cakramterjadi pengereman

Penyetelan Rem Cakram

rem1 thumb4 Rem Cakram

  • Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
  • Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas )
  • Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar clip image0014 thumb1 Rem Cakram gerakan torak melebihi kemampuan bengkok penampang sil clip image0014 thumb1 Rem Cakram torak slip tehadap sil

Saat Pelepasan ( Pedal Rem Dilepas )

rem1 thumb5 Rem Cakram

  • Tekanan cairan rem hilang
  • Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
  • Jalannya piston : 0,15 – 0,25 mm

Keterangan :

Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik apabila :

  • Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
  • Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
  • Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi baik

Pad ( Balok Rem )

  • Balok rem tanpa penunjuk keausan

clip image00221 thumb Rem Cakram

  • Pad dengan penunjuk keausan secara elektrik

clip image00223 thumb Rem Cakram

6. Perbandingan Antara Rem Cakram Dan Rem Tromol

Rem Tromol                                                     Rem Cakram

clip image00225 thumb Rem Cakram

Sifat Rem Tromol Rem Cakram
Gaya kerja + Memberikan kekuatan sendiri Tidak memberi kekuatan sendiri
Pendinginan – Kurang Baik
Temperatur kerja * Rendah Tinggi
Keausan kanvas + Sedikit Banyak
Cara menyetel – Manual / setengah otomatis Otomatis
Waktu yang diperlukan servis – Lama Cepat
Tempat yang perlu dan berat * Lebih Kurang
  • Pada rem cakram diperlukan gaya hidraulis lebih tinggi untuk mendapatkan tekanan rem yang sama besarnya, rem cakram menjadi lebih panas ( + 6000 C )
  • Karena pendinginan rem cakram baik, maka tidak ada fading
  • Fading sering terjadi pada rem tromol kalau panas

Þ Faktor  rem1 thumb6 Rem Cakram    dari kanvas rem menjadi kecil

Þ Gaya rem kecil

Sumber : http://xtop-gear.com/general/rem-cakram/

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

Arsip Full…

Blog Stats

  • 2.632.390 hits

Map

free counters

Now Online

Blog sobat

Awas!!! virus piala dunia

Nilai Blog Ini

My site is worth$1,763.4Your website value?