AutoCAD

Pengenalan Dasar AutoCAD

AutoCAD adalah sebuah program CAD yang dikeluarkan oleh Autodesk, sebuah Perusahaan pembuat software desain dari Amerika. CAD kependekan dari Computer Aided Design adalah Program untuk merancang atau menggambar teknik menggunakan komputer dengan tujuan untuk menghasilkan output rancangan yang memiliki tingkat akurasi tinggi dan dirancang dalam waktu yang singkat.

Salah satu software CAD yang paling banyak digunakan oleh Perusahaan maupun perorangan baik di bidang arsitektur, teknik mesin maupun bidang teknik lainnya adalah AutoCAD. AutoCAD merupakan program yang bersifat umum yang menawarkan berbagai kemudahan dalam menggambar, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Semua kelemahan menggambar teknik secara manual dapat teratasi dengan AutoCAD. Beberapa kelebihan AutoCAD dalam menggambar teknik antara lain :

1. Gambar yang dihasilkan mempunyai kualitas jauh lebih baik dibanding dengan hasil gambar manual karena gambar lebih rapi dan presisi,

2. Gambar desain yang diihasilkan mempunyai tingkat akurasi yang tinggi karena AutoCAD mempunyai tingkat presisi hingga tiga belas digit sehingga gambar lebih sempurna dan tepat ukurannya,

3. Gambar yang dihasilkan akan terjamin kerapian dan kebersihannya karena sangat memungkinkan direvisi maupun pengeditan gambar untuk kesesuaian cetak yang dikehendaki,

4. Bidang gambar kerja AutoCAD tidak terbatas sehingga memungkinkan untuk membuat gambar dengan ukuran yang sangat luas dan kompleks, tetapi dalam pencetakannya bisa dipilih bagian tertentu saja,

5. Skala gambar yang dihasilkan fleksibel karena dapat mencetak gambar desain yang dihasilkan dengan jenis skala yang sangat variatif,

6. Gambar yang dihasilkan bisa disimpan dengan cara yang sangat mudah, dimana hasil penyimpanan gambar tersebut bisa dibuka dengan software lain serta dipublikasikan untuk kerja antar tim apabila diperlukan.

Pertama Kali AutoCAD diperkenalkan yaitu versi 1.0 pada Desember tahun 1982 hingga yang terakhir AutoCAD 2011 yang di release pada bulan Maret 2010.

I. Pengenalan Bidang Gambar Kerja (Workspace)

Pada saat membuka program AutoCAD, maka anda akan melihat tampilan utama AutoCAD yang biasa disebut bidang gambar kerja atau workspace. Gambar di bawah ini menunjukkan bidang gambar kerja (workspace) AutoCAD 2008

Bidang Gambar Kerja (workspace)

  • Title Bar berisikan nama file yang sedang aktif seperti AutoCAD 2008 – [Drawing Name.dgw]
  • Menu Bar adalah Menu utama berfungsi menjalankan perintah-perintah seperti pada aplikasi windows pada umumnya. Melalui menu utama inilah pada dasarnya semua fasilitas dalam AutoCAD dapat dijalankan
  • Tool bar adalah tombol-tombol perintah AutoCAD yang dapat digunakan secara cepat. Jenisnya sangat banyak dan dapat diaktifkan/dinonaktifkan. Too bar dapat diaktifkan dengan cara klik kanan dalam tool bar —> pilih ACAD —> pilih jenis toolbar yang akan diaktifkan (check list). Kami sarankan agar anda memilih tool bar yang dibutuhkan  saja karena tool bar sangat banyak jumlahnya seperti Dimension, Draw, Draw Order, insert, layers, modify, object snap, orbit, properties, solid editing, standard, text, view, visual style dan zoom. 
  • Command Line adalah baris untuk memasukkan perintah-perintah AutoCAD. Selain itu command line juga menampilkan informasi-informasi berkenaan dengan perintah-perintah yang anda gunakan, meskipun perintah yang anda gunakan dari menu bar atau tool bar.
  • Drawing Area adalah daerah kerja dimana penggambaran maupun pengeditan dilakukan di sini.
  • Aperture Box adalah kursor dalam AutoCAD yang menunjukkan pergerakan mouse dalam drawing area. dapat melakukan pemilihan gambar maupun pengeditan gambar.
  • Scroll Bar digunakan untuk menggeser tampilan gambar ke atas atau ke bawah.
  • WCS Icon adalah World Coordinate System merupakan sistem koordinat tiga sumbu yang diberlakukan secara global
  • Status bar menunjukkan posisi koordinat dari crosshair. Pada sebelah kanannya ada beberapa indikator mode yang digunakan, yaitu :

SNAP = Nilainya on/off. Berfungsi untuk mengunci pergerakan crosshair pada titik-titik grid. Efek pergerakan crosshair menjadi seperti patah-patah.
GRID = Nilainya on/off. Berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan titik-titik grid pada layar gambar.
ORTHO = dalam kondisi on akan membantu menggambar objek agar garis selalu tegak lurus sejajar sumbu X dan Y. Dalam kondisi off garis yang dibuat memungkinkan berbentuk serong.
POLAR = Nilainya on/off. Fungsinya menampilkan jejak suatu titik tertentu terhadap objek lain. Yang ditampilkan adalah koordinat sudut dari objek yang ditunjuk.

OSNAP = Nilainya on/off. OSNAP merupakan singkatan dari Object Snap. Berfungsi untuk mengunci pergerakan crosshair di titik tertentu pada objek dan akan ditandai dengan sebuah icon berbeda pada tiap titik yang ditunjuk.

OTRACK = Nilainya on/off. Singkatan dari Object Tracking. Berfungsi untuk menampilkan jejak suatu titik awal terhadap objek yang ditunjuk dan tersentuh oleh crosshair. Jejak tersebut ditandai oleh garis titik-titik.

LWT = Dalam kondisi on menampilkan perbedaan tebal garis yang dibuat di lembar kerja. Kondisi off bila ada perbedaan tebal garis tidak akan ditampilkan.

MODEL = Tombol yang otomatis aktif bila kita bekerja di lembar kerja model dan bila diklik akan berganti dengan tombol PAPER yang akan mengaktifkan Sheet Layout.

Demikian pengenalan dasar AutoCAD, mudah-mudahan bermanfaat dan nantikan artikel tentang AutoCAD selanjutnya.

Sumber Data : Modul AutoCAD dasar UPI, Wikipedia, bahan ajar AutoCAD.

About these ads

About rengkodriders

Sebaik-baik Manusia adalah Manusia yang bermanfaat bagi Orang Lain

Diskusi

4 thoughts on “Pengenalan Dasar AutoCAD

  1. mksh gan,,sangat membantu utk yang pemula seperti saya

    Posted by agus | Mei 17, 2012, 6:35 pm
  2. BINGUNG

    Posted by FARID | Agustus 25, 2012, 3:26 am
  3. Neat blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A design like yours with a few simple adjustements would really make my
    blog jump out. Please let me know where you got your theme.
    Thanks a lot

    Posted by The greatest articles on | Mei 23, 2013, 9:30 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Full…

Blog Stats

  • 931,888 hits

Map

free counters

Now Online

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.